Akademik

Sistem Akademik ITB

Institut Teknologi Bandung menerima mahasiswa baru melalui dua jalur masuk yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Mereka yang lolos seleksi akan diterima sebagai mahasiswa Program Sarjana (S1) ITB. Mereka harus menempuh beban mata kuliah minimal yang sama, yaitu 144 satuan kredit semester (SKS) yang terbagi menjadi dua tahap pendidikan yaitu :

  • Tahap Persiapan Bersama (TPB). Tahap ini memiliki beban 36 SKS, ditempuh dalam waktu dua semester (semester I dan II).
  • Tahap Sarjana. Tahap Sarjana merupakan tahap lanjutan Program Tahap Persiapan Bersama. Tahap sarjana memiliki beban 108 SKS yang harus ditempuh selama 6 semester.

Mahasiswa harus menyelesaikan setiap tahap pendidikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan pada setiap tahap mahasiswa harus mempunyai indeks prestasi (IP) minimal 2,00 tanpa nilai E dan T untuk tahap TPB dan tanpai nilai D, E, dan T untuk tahap sarjana. Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan tahap pendidikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan diharuskan mengajukan permohonan tertulis ke Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan untuk memperoleh perpanjangan studi. Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan beralamatkan di Jl. Tamansari 64, Bandung. Prestasi akademik yang telah dicapai oleh mahasiswa yang bersangkutan akan dijadikan salah satu pertimbangan dalam menentukan perpanjangan studi tersebut.