Profil

Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB ITB)

Salah satu hasil reformasi ITB pada tahun 1970-an adalah diadakannya program pendidikan tahun pertama yang hampir sama untuk sebagian besar program-program sarjana ITB. Demi lancarnya program tahun pertama ini maka ITB membentuk satuan organisasi yang bernama Program Tahap Persiapan Bersama (Program TPB) pada tahun 1973. Mengikuti Anggaran Rumah Tangga ITB, Sejak tahun 2005, Program TPB berganti nama menjadi Lembaga TPB. Nama Tahap Persiapan Bersama sesuai dengan tujuan diadakannya TPB, yaitu memberikan landasan sains, seni dan teknologi bagi mahasiswa baru. Selain itu, TPB menjadi wahana pembinaan awal sikap ilmiah dan pengadaptasian tatacara belajar di peguruan tinggi. Landasan kuat tentang sains diberikan melalui matakuliah-matakuliah Kalkulus, Fisika Dasar, dan Kimia dasar. Sejak tahun 2013, landasan kuat tentang teknologi diberikan melalui matakuliah Pengantar Rekayasa dan Desain.

Selama perjalanan waktu TPB berubah dalam banyak aspek, seperti kurikulum, struktur organisasi, jumlah mahasiswa, penjurusan mahasiswa, dan lain-lain. Saat ini jumlah mahasiswa TPB sekitar 3400 mahasiswa. Oleh karena itu jumlah kelas untuk setiap matakuliah cukup banyak. LTPB berperan penting dalam menjaga kualitas, keseragaman proses pendidikan maupun proses administrasi akademik.

Sejak beberapa tahun terakhir, mahasiswa tidak dijuruskan ke program studi pilihannya pada awal tahun pertama. Selama di TPB mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa fakultas/ sekolah. Pada akhir tahun pertama, mahasiswa dijuruskan ke program studi pilihannya. Proses penjurusan dilakukan atas dasar minat dan prestasi akademik. Agar mahasiswa tidak merasa salah pilih program studi, fakultas/sekolah memperkenalkan bidang-bidang keilmuan yang dikembangkannya. Penjaringan minat program studi akan dilakukan beberapa kali.

Struktur Lembaga TPB (LTPB) sangat sederhana. Lembaga ini diketuai oleh seorang Kepala Lembaga yang dibantu oleh Sekretaris Bidang Akademik dan Sekretaris Bidang Pembinaan karakter. Administrasi akademik LTPB didukung oleh beberapa pegawai adminsitrasi. Kantor LTPB berada di lantai dasar Gedung Perpustakaan Pusat ITB.