Matematika

MA1101 Matematika IA (4 SKS)

Matakuliah ini memberikan pembahasan yang rigor mengenai beberapa topik dalam kalkulus sebagai salah satu dasar ilmu untuk memperlajari matematika lebih lanjut. Materi yang dipelajari dalam matakuliah ini adalah fungsi dan limit, turunan dan penggunaannya, integral dan penggunaannya, fungsi transenden, teknik pengintegralan.

Pustaka
– Dale Verberg, Edwin J. Purcell, Steven E. Rigdon, Calculus, 9th Edition, Pearson Prentice Hall, 2007.
– George B. Thomas, Jr., Maurice D. weir, Joel R. Hass, Thomas Calculus, 12th edition, Pearson, 2010.

Penilaian
Tugas (Projek, PR dan Kuis) UTS dan UAS.

MA1201 Matematika IIA (4 SKS)

Matakuliah ini memberikan pembahasan yang rigor mengenai beberapa topik dalam kalkulus sebagai salah satu dasar ilmu untuk memperlajari matematika lebih lanjut. Materi matakuliah ini adalah teknik pengintegralan, deret tak hingga, persamaan parametrik, vektor dan geometri di bidang dan ruang, turunan di Rn, integral lipat dua, persamaan diferensial biasa orde satu dan dua.

Pustaka
– Dale Verberg, Edwin J. Purcell, Steven E. Rigdon, Calculus, 9th Edition, Pearson Prentice Hall, 2007.
– George B. Thomas, Jr., Maurice D. weir, Joel R. Hass, Thomas Calculus, 12th edition, Pearson, 2010.

Penilaian
Tugas (Projek, PR dan Kuis) UTS dan UAS.

MA1102 Matematika IB (3 SKS)

Matakuliah ini ditujukan untuk mahasiswa yang mempelajari ilmu biologi dan ilmu-ilmu hayati lainnya. Matakuliah ini serupa dengan kalkulus biasa, tetapi berbeda karena penekanannya pada pemodelan proses dalam ilmu hayati. Sebagai ilustrasi dan motivasi matematika berasal dari masalah ilmu hayati. Perkuliahan dimulai dengan konsep limit yang sangat esensial dalam mendefinisikan turunan dan integral. Sekalipun demikian pemaparan tidak terlalu teoritis dan penekanan adalah pada gagasan dasar, teknik dan metoda, serta penggunaannya dalam ilmu hayati.

Pustaka
Dale Verberg, Edwin J. Purcell, Steven E. Rigdon, Calculus, 9th Edition, Pearson Prentice Hall, 2007.

Penilaian
Tugas (Projek, PR dan Kuis) UTS dan UAS.

MA1202 Matematika IIB (3 SKS)

Materi yang dicakup ditujukan untuk membantu memahami pemodelan dalam biologi dengan menggunakan persamaan diferensial, sistem dinamik, dan tidak mencakup topik yang secara tradisional terdapat dalam mata kuliah kalkulus seperti deret, irisan kerucut, dll. Sebagai gantinya antara lain materi yang ditambahkan adalah matriks dan penggunaannya dalam mempelajari populasi dengan struktur umur. Selain itu materi yang diberikan adalah hampiran, fungsi oleh polinom Taylor, kalkulus peubah banyak, serta topik-topik elementer dalam persamaan diferensial yang digunakan untuk memodelkan fenomena-fenomena dalam dinamika populasi serta interaksi prey/predator dan epidemik.

Pustaka
– Dale Verberg, Edwin J. Purcell, Steven E. Rigdon, Calculus, 9th Edition, Pearson Prentice Hall, 2007.
– Marvin L. Bittinger, Neal Brand, dan John Quintanilla, Calculus for the Life Sciences, Pearson, 2005.

Penilaian
Tugas (Projek, PR dan Kuis) UTS dan UAS.

MA1103 Matematika Bisnis I (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan penguasaan yang kokoh pada konsep-konsep dan perangkat dasar matematika yang diperlukan dalam perkuliahan maupun berkarier dalam bidang teori ekonomi, praktik bisnis, dan manajemen. Sekalipun banyak topik yang mirip dengan mata kuliah Matematika IA dan IIA, tetapi penekanan adalah pada pemahaman konsep serta penggunaan matematika dalam konsep ekonomi, bisnis, dan manajemen. Topik yang diberikan pada perkuliahan ini adalah limit, kekontinuan, turunan, integral, optimisasi fungsi, fungsi eksponensial dan logaritma, dan fungsi peubah banyak.

Pustaka
– Laurence Hoffmann, Gerald Bradley, Calculus for Bussiness, Economics, and the Social and Life Sciences, Brief Edition, McGraw-Hill Science/Engineering/Math; 10th edition.
Penilaian
UTS (35%), UAS (35%), Tugas (10%), Kuis (10%), dan Partisipasi (10%)

MA1203 Matematika Bisnis II (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan penguasaan yang kokoh pada konsep-konsep dan perangkat dasar matematika yang diperlukan dalam perkuliahan maupun berkarier dalam bidang teori ekonomi, praktik bisnis, dan manajemen. Topik yang diberikan pada perkuliahan ini adalah sistem persamaan linear, operasi aljabar matriks, determinan dan vektor/nilai eigen matriks, persamaan beda orde 1 dan orde 2, persamaan diferensial orde 1, orde 2, hampiran numerik nilai fungsi, interpolasi fungsi, himpunan, kombinatorika, peluang, distribusi peluang, statistika, dan aplikasinya dalam teori ekonomi dan praktek bisnis.

Pustaka
– M. Hoy, J. Livernois, Chris McKenna, r. Kees, T. Kenesos, Mathematics for Economics, 2nd. Ed., MIT Press 2001.
– S. T. Tan, Finite Mathematics for Managerial, Life, and Social Sciences., Brooks Cole, 10 ed, 2011.
– S. C. Chapra, R. P. Canale, Numerical Methods for Engineers, 6th Ed., McGraw Hill, 2010.

Penilaian
UTS (35%), UAS (35%), Tugas (10%), Kuis (10%), dan Partisipasi (10%)

MB1201 Statistika Bisnis (3 SKS)

Statistika adalah cabang dari matematika yang mengubah angka menjadi sejumlah informasi yang berarti bagi pengambil keputusan. Statistika memberikan sejumlah cara untuk memahami dan mereduksi (tanpa menghilangkan) variasi, yang merupakan bagian dari proses pengambilan keputusan. Statistika juga dapat memberikan informasi mengenai resiko yang terkait dengan pengambilan keputusan. Informasi tersebut diperoleh dari sejumlah metoda yang terdapat di mata kuliah Statistika, dari mulai cara menganalisa data, menemukan pola dari data dan menentukan apakah ada perbedaan dari data dan apakah data tersebut merupakan hasil keberuntungan semata. Seiring dengan itu, dalam mata kuliah ini juga akan dipelajari kondisi-kondisi bersyarat untuk penggunaan metoda tertentu.

Pustaka
Levine, David, M., Timothy C., Krehbiel and Mark L. Berenson., 2003, Business Statistics : A First Course. Fifth Edition. Pearson Education International

Penilaian
Ujian, Tugas, Partisipasi mahasiswa, Kerja Kelompok
Kajian Tatanan Masyarakat merupakan mata kuliah yang secara khusus mem pelajari manusia sebagai individu dan masyarakat dalam konteks budaya dan relasi sosialnya, di mana segala perilaku manusia itu dapat dipahami sebagaibentukan dan pengaruh dari budaya yang dimilikinya sebagai bentuk interpretasi dan respon terhadap lingkungan. Pemahaman tentang aspek budaya dan sosial ini diharapkan akan mendorong manusia untuk mengembangkan empati terhadap orang lain dan masyarakat lain yang memiliki latar belakang budaya berbeda.

Pustaka
– Rudito, B. & A. Wisesa. 2009. Kajian Tatanan Masyarakat. Bandung: Penerbit ITB
– Kottak, C.P. 2008. Anthropology: The Exploration of Human Diversity, 12thed. New York: Mc.Graw-Hill
– Schaefer, R.T. 2006. Sociology: A Brief Introduction, 6thed. New York: McGraw-Hill

Penilaian
Tugas Individu (10%), Tugas Kelompok (5%), Laporan Ekskursi Individu (20%), Laporan Ekskursi Kelompok (30%), UTS (15%), dan UAS (20%)