SMPE & SSDK, Bagian dari Upaya Pendidikan Karakter

By : Mharta Adji Wardana | Koordinator Asisten LTPB ITB

Permasalahan moral, akhlak, budi pekerti dan mental menjadi ancaman yang harus diperhatikan di era sekarang. Ancaman yang setiap hari terus menekan dan menyerang melalui segala lini kehidupan semakin memudarkan tujuan dan tugas hidup para pemuda, sebagai insan cendekia, harapan masa depan, yang kita sebut sebagai Mahasiswa Indonesia. Rasa malas, kurang peduli, sikap tidak bersyukur, dan tidak menghargai satu sama lain adalah hal-hal sangat ingin kita cegah tertanam di pribadi para mahasiswa. Upaya pencegahan ini merupakan kewajiban bagi setiap institusi pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan bagi peserta didiknya. Tentu, pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan berkualitas, terus berkembang dan berbasis karakter. ITB sebagai salah satu institusi pendidikan di Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menjalankan kewajiban tersebut. Melalui Training Motivasi Mahasiswa Baru, SMPE dan SSDK, ITB berharap dapat membekali mahasiswanya untuk belajar dengan baik, mampu beradaptasi dan menemukan tujuan hidup sehingga menjadi lulusan yang diharapkan bangsa ini.
Apa itu SSDK dan SMPE ?
Strategi Menjadi Pribadi Efektif (SMPE) dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Agustus 2018 diikuti +/-4000 mahasiswa baru ITB 2018. Acara ini disukseskan oleh 75 Fasilitator yang merupakan dosen wali TPB (Tahap Persiapan Bersama) dan 160 co-fasilitator yang merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik serta aktif berkemahasiswaan di ITB. Tujuan dari program ini adalah membantu mahasiswa mengenali diri lebih dalam, mengenalkan kepada mahasiswa kebiasaan-kebiasaan efektif, serta melatih mahasiswa menjadi Pribadi Efektif. Pribadi Efektif merupakan salah satu solusi krisis kualitas SDM di masa depan. Dengan mencetak banyak pribadi efektif diharapkan kualitas SDM Indonesia bisa menjadi lebih baik. Efektif bermakna menghasilkan sesuatu yang positif dan berkelanjutan. Pribadi Efektif terbentuk karena menjalankan kebiasaan efektif di setiap waktu dan selalu memperbaikinya. Tidak hanya berhenti di suatu titik menjadi orang yang sukses atau orang yang baik, tapi akan senantiasa terus memperbaiki diri menjadi lebih baik. Kebiasaan-kebiasaan yang senantiasa diamalkan atau dijalankan tersebut diyakini dapat berubah menjadi karakter yang baik. Dengan demikian dapat menjawab permasalahan karakter yang ada di era sekarang.
Strategi Sukses di Kampus (SSDK) dilaksanakan pada hari Senin, 13 Agustus 2018 diikuti +/- 4000 mahasiswa baru ITB 2018. Tujuan program ini adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai Pribadi Efektif dan menambah semangat dalam menjalani perkuliahan di ITB melalui serangkaian tips, kisah dan pengalaman inspiratif para trainer (co-fasilitator).


Gambar 1 Mahasiswa Aktif berdiskusi dan bertanya selama SMPE dan SSDK


Gambar 2 Keceriaan Mahasiswa Baru dalam mengikuti penyampaian materi


Gambar 3 Fasilitator dan Co-Fasilitator menyampaikan materi dengan sangat asyik


Gambar 4 Fasilitator sangat bersemangat dalam menyampaikan materi

Keberjalanan SMPE dan SSDK ITB 2018
Pada hari Kamis, 9 Agustus telah dilaksanakan Training Motivasi SMPE bagi seluruh Mahasiswa Baru ITB 2018. Acara dilaksanakan di ruang-ruang kelas yang ada di Kampus Ganesha. Lebih kurang 4100 mahasiswa dikelompokkan menjadi 75 kelas sesuai dengan Fakultas/Sekolah masing-masing. Setiap kelas diisi oleh 1 orang fasilitator dan 2-3 orang co-fasilitator. Acara dimulai pada pukul 07.00 diawali dengan pemutaran Video Safety Induction dari K3L ITB, sebagai pencerdasan mahasiswa mengenai tanggap darurat jika terjadi bencana atau keadaan berbahaya lainnya. Pada pukul 07.30 materi SMPE mulai disampaikan. Materi SMPE dibagi menjadi 4 bahasan, antara lain, Pendahuluan, Mengenali Diri, Kebiasaan Efektif, dan Pribadi Efektif.
Di tengah-tengah penyampaian materi diselingi dengan berbagai aktivitas bersama dan simulasi untuk membantu mahasiswa memahami materi yang dijelaskan, antara lain, aktivitas menuliskan kelebihan dan kelemahan diri berdasarkan analisis DISC dan SWOT, aktivitas menuliskan tujuan mimpi dan capaian hidup, serta game atau icebreaking lainnya. Materi disampaikan hingga pukul 15.00, setelah itu ditutup dengan diskusi dan foto bersama.


Gambar 5 Mahasiswa baru aktif mengikuti simulasi dan game


Gambar 6 Mahasiswa baru menyimak dengan penuh antusias


Gambar 7 Trainer dan Panitia berfoto bersama di akhir acara

Pada hari Senin, 13 Agustus 2018 telah dilaksanakan Training Motivasi Strategi Sukses di Kampus (SSDK), sama dengan SMPE, SSDK dilaksanakan di ruang-ruang kelas di Kampus Ganesha. Berbeda dengan SMPE, SSDK tidak melibatkan dosen wali sebagai fasilitator, materi disampaikan langsung oleh para trainer. Bahan bahasan materi yang lebih ringan dan aplikatif dapat dengan leluasa diekslpor oleh para trainer dan diharapkan bisa ditambahi dengan cerita atau kisah-kisah inspiratif dan pengalaman selama kuliah.
Acara dimulai pukul 07.00 dengan diawali pemutaran video safety induction dilanjutkan dengan penyampaian materi dari jam 07.30 hingga 15.00. Materi yang dibahas pada SSDK antara lain, Tujuan, Manajemen Waktu, Upgrade Komunikasi dan Semangat Berkarya. Materi Tujuan membahas lebih dalam mengenai Kebiasaan Efektif Kedua yang telah diterangkan di SMPE, disini mahasiswa diminta untuk menemukan tujuannya berkuliah di ITB dan menyadari perannya sebagai mahasiswa. Pada Materi Manajemen Waktu mahasiswa diajarkan cara untuk memaksimalkan kegiatan di saat-saat tubuh mengalami kondisi prima sehingga bisa lebih produktif dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa. Berlanjut ke materi berikutnya, mahasiswa diajarkan bagaimana berkomunikasi dalam kehidupan kampus dengan tata cara yang lebih baik melalui Materi Upgrade Komunikasi. Serangkaian materi diakhiri dengan penyampaian Materi Semangat Berkarya, disini mahasiwa didorong untuk mau berkarya dan berprestasi dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas, potensi dan dukungan yang ada di ITB. Acara ditutup dengan foto bersama trainer dan mahasiswa baru.

Berikut beberapa kreasi foto bersama trainer dan mahasiswa baru

Berita Terkait