SSDK

Training Strategi Sukses di Kampus (SSDK)



SSDK

Pelatihan Strategi Sukses di Kampus  merupakan kegiatan pengenalan mengenai trik-trik menjalani perkuliah yang diberikan oleh mahasiswa tingkat dua ke atas kepada mahasiswa baru agar mampu menempuh perkuliahan dengan sukses selama empat tahun di ITB. Dengan memiliki bekal tersebut, mahasiswa baru diharapkan mampu berprestasi dan berkarya selama berkuliah di ITB.

Pelatihan ini difasilitasi oleh 161 trainer untuk  3988 mahasiswa. SSDK diadakan setiap awal tahun ajaran baru dalam rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru ITB. Dalam pelatihan ini mahasiswa baru dibekali dengan materi :

Manajemen Waktu

Pada materi pertama ssdk ini akan di pelajari 4 hal, yaitu:

Timing

Di awal submateri ini akan menanamkan ke mahasiswa baru bahwa waktu adalah sesuatu yang terbatas, tidak dapat diulang dan berharga. Sehingga mahasiswa baru diharapkan lebih menghargai waktu untuk kedepannya nanti.

Compasing

Pada submateri ini mahasiswa baru diajak untuk memiliki tujuan akhir atau mimpi. Mereka akan diperkenalkan dnegan metode im’smart untuk membuat mimpi/tujuan akhir. Im’smart sendiri adalah akronim dari impactfull, specific, measurable, action oriented, realistic, dan  time bound. Diharapkan mahasiswa baru dapat mengikuti metode tersebut dan dapat dengan mudah merealisasikan mimpi atau tujuannya. Selain itu mahasiswa baru juga akan diminta untk membuat tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek.

Manajemen Fokus

Pada submateri ini mahasis diminta untuk mengetahui bahwa manajemen fokus itu penting, dan diharapkan bisa membuat jadwal secara terstruktur.

Manajemen prioritas

Pada materi ini mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan filosofi bigrock.

If the big rocks don’t go in first they aren’t going to fit in later

-Stephen Covey-

Kemudian mahasiswa baru akan diajarkan untuk mengisi skala prioritas agar memudahkan mereka dalam memanajemen prioritas mereka.

Terakhir mahasiswa baru akan diberitahu manfaat dari memanajemen waktu yaitu bebas dari stress, lebih semangat menjalani hidup, menigkatkan produktifitas, mencapai tujuan yang di inginkan. Selain itu akan di tampilkan tokoh tokoh sukses dengan manajemen waktu yang baik.

 

Komunikasi

Pada materi ini akan di sampaikan 4 submater yaitu bentuk komunikasi, media komunikasi, tips berkomunikasi dan terakhir feedback is a gift.

Bentuk komunikasi

Pada submateri ini mahasiswa baru akan dikenalkan dengan definisi baku dari komunikasi. Kemudian disampaikan sejarah komunikasi. Terakhir dijabarkan bahwa komunkasi terdiri dari komunikasi verbal dan non verbal, serta persentase komunikasi efektif untuk verbal, vokal dan visual.

Media komunikasi

Pada materi ini mahasiswa baru diberitahu pentingnya kita untuk tidak memakai gadget secara berlebihan.

Tips berkomunikasi

Pada materi ini mahasiswa baru mendapat tips simple untuk memudahkan komunikasi. Tips – tips tersebut adalah perhatikan umur, perhatikan karakter, ingat waktu, dan terakhir satotema.

Feedback is a gift

Pada submateri ini mahasiswa baru mendapat materi tentang pentingnya feedback, dan cara untuk memberikan serta menerima feedback.

Integritas Akademik

Pada materi ini mahasiswa baru mendapatkan penjelasan tentang pentingnya berintegritas dalam akademik. Selain itu mahasiswa baru juga mendapat materi tentang posisi potensi dan peran mahasiswa.

 Semangat Berkarya

Materi terakhir ini berguna untuk memberikan semangat lebih kepada mahasiswa. Setelah mahasiswa paham menjadi pribadi yang mandirir, mahasiswa diharapkan bisa mulai berkarya untuk bangsa dan negara. Pada materi ini diawali oleh banchmarking dengan negara – negara maju yang seumuran kemerdekaannya dengan Indonesia. Kemudian ditampilkan tokoh – tokoh yang memiliki karya luar biasa dari ITB. Berikut terdapat materi untuk memancing semangat mereka dalam berkarya. Terakhir diberikan contoh wadah – wadah yang ada di ITB untuk berkarya.